Rabu, 05 Januari 2011

Berani berbuat, akuntabilitaslah...

saat ini, mempercayai orang lain adalah pekerjaan sulit. tapi lebih sulit bila dipercaya orang lain. beban yang ada serasa membuat kita berat untuk memikulnya. ya.. amanah. jujur adalah kata kunci mengangkat beban yang namanya amanah. sudah begitu banyak contoh nampak di depan mata. kata kunci kedua adalah profesional. istilah lugunya, ahli dan cakap di bidang yang digeluti. kecakapan ini tentu mesti ditunjang oleh proses, penambahan wawasan, peningkatan kapasitas, terus menerus memperbaiki diri, menempa diri dengan aktivitas yang mendukung peningkatan kompetensi dan lain sebagainya. yang ketiga adalah memiliki jiwa melayani dengan memuaskan pelanggan.

Mario Teguh, dalam sebuah season yang pernah aku ikuti, pernah berkata. bahwa rizki kita pada prinsipnya telah disiapkan oleh tuhan untuk manusia. kalau kita ingin dipandang penting bagi orang lain, maka jadilah orang yang sebanyak-banyaknya memberikan kemanfaatan kepada orang lain, dan memiliki waktu untukn banyak melayani orang lain.

tapi semua itu tidak ada apa-apanya, bila tidak terjadi akuntabilitas. artinya proses mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan, dievaluasi, dan dikontrol, sehingga masa yang akan datang akan menjadi lebih baik.

pelaporan setelah proses pelaksaan kegiatan harus dimulai sejak dini. untuk menjaga amanah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Benar Ternyata, Menulis itu butuh Konsistensi

Bagi sebagian orang mungkin menulis bukan hal yang penting. Bahkan boleh jadi, bukan sesuatu yang harus jadi prioritas. Bagi Aku, menulis it...