Jumat, 03 Februari 2012

7 Rahasia Orang Kaya Menurut Robert Allen

Dalam salah satu artikelnya, Robert Allen memaparkan tentang 7 ”rahasia” mengapa seseorang bisa kaya atau makmur. Sebenarnya apa yang dipaparkan sudah bukan rahasia lagi, karena selain artikel tersebut memang dipublikasikan secara bebas di internet, 7 hal tersebut saya yakin sebenarnya sudah banyak diketahui sebelumnya. Hanya saja, orang sering kali meremehkan dan belum benar-benar mempraktikkannya, sehingga hasilnya juga belum terlihat.

Apa yang disebut Robert Allen sebagai 7 rahasia tersebut adalah:

1. Menghargai Uang

Hargai uang Anda, berapapun besarnya. Bahkan bila Anda hanya mempunyai Rp 5000 saja, hargai harta Anda tersebut. Maksudnya menghargai di sini bukan berarti hanya menyimpan atau menabung, tapi lebih kepada menginvestasikannya.

Robert mengatakan bahwa uang adalah benih kekayaan. Jadi, bila Anda membuang satu lembaran Rp 5000 saja, ini bisa berarti bahwa Anda membuang satu benih yang berpotensi menghasilkan jutaan rupiah. Siapa tahu uang Rp 5000 itu bisa digunakan untuk membeli benih tanaman yang nantinya bisa berkembang menjadi bisnis tanaman bernilai jutaan rupiah?

Yang jelas semuanya butuh proses dan waktu, kita tak bisa mengubah Rp 5000 menjadi Rp 10 juta dalam sekejab, bukan?

2. Mengendalikan Uang

Menurut Robert, ada teknik yang disebut sebagai ”Millionaire’s Minute” agar kita bisa mengendalikan uang. Maksudnya, ketika berbelanja, orang-orang kaya memanfaatkan satu menit dari waktunya sebelum memasuki toko untuk memutuskan barang apa yang akan mereka beli. Mereka tak akan membeli barang di luar daftar mereka. Kemudian mereka membandingkan harga barang dalam toko, dan memilih mana yang paling cocok. Semua itu kira-kira hanya membutuhkan satu menit saja.

Mengendalikan uang berarti kita harus memiliki kontrol penuh atau mengendalikan diri sendiri untuk menjaga pengeluaran.

3. Menabung

Sejak SD kita sudah sering diperingatkan bahwa menabung baik untuk masa depan. Begitu pula menurut Robert. Misalnya, jika Anda perokok, Anda bisa berhenti sehingga Anda bisa menabung uang yang biasanya Anda keluarkan untuk membeli rokok. Jangan malah menggunakan uang tersebut untuk membeli barang lain yang tidak bermanfaat.

4. Menginvestasikan Uang

Kalau di poin pertama penekanannya adalah pada menghargai, maka poin kali ini menekankan pada investasi. Setelah Anda bisa menghargai, mengendalikan, dan menabung tiap rupiah yang Anda miliki, maka saatnya Anda menginvestasikan uang Anda agar bisa terus beranak pinak.

5. Mencari Uang

Hal yang satu ini sepertinya cukup jelas ya :)

Mencari uang berarti tindakan aktif, berbeda dari menginvestasikan uang di mana kita hanya tinggal menunggu hasilnya. Robert mengatakan bahwa kita harus bisa menjadi bos bagi diri sendiri untuk mencari uang. Dengan kata lain, kita harus belajar untuk bisa menjadi seorang entrepreneur. Mengharap gaji atau uang pensiun dari satu perusahaan saja belum bisa membuat kita aman.

6. Melindungi Uang

Tentu saja kita harus menjaga dan melindungi harga yang kita miliki. Ini bisa dilakukan dengan melindungi bisnis yang kita lakukan, seperti misalnya ”tidak menaruh telur dalam satu keranjang”. Artinya, ya jangan hanya mengandalkan pada satu hal saja. Jadi, kalau satu bisnis kita nanti hancur, kita masih memiliki bisnis lain yang menghasilkan.

7. Berbagi

Berbagi juga berarti bahwa kita bersyukur. Berbagi dengan memberi donasi ke masjid, gereja, panti asuhan, dll. Lagi pula, harta hanyalah titipan-Nya. Kita diberi harta agar dimanfaatkan di jalan Allah, agar bisa berguna bagi kita sendiri maupun orang lain yang akhirnya nanti akan menjadi bekal kita di alam yang kekal....he2

Jika kita bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat kita.

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Benar Ternyata, Menulis itu butuh Konsistensi

Bagi sebagian orang mungkin menulis bukan hal yang penting. Bahkan boleh jadi, bukan sesuatu yang harus jadi prioritas. Bagi Aku, menulis it...