Kamis, 18 Agustus 2011

Memonitor Keuangan Pribadi

Rasanya baru kemarin terima gaji, tapi uang sudah tipis dan tidak tahu ke mana larinya. Agar hal ini tidak berulang terjadi, Anda seharusnya membuat anggaran dan belanja keuangan pribadi atau keluarga. Cobalah lewat online atau software praktis.

Atur Uang Secara Online

Bagi Anda yang memiliki koneksi internet, kini bisa mengontrol keuangan secara online. Anda tinggal mendaftar secara gratis di ngaturduit.com . Dengan memiliki account (akun) di web tersebut Anda bisa mengatur dan mengontrolnya dari mana saja selama ada jaringan internet melalui komputer maupun ponsel. Anda dan pasangan pun bisa memonitor bersama.

Menu-menu yang disediakan ngaturduit.com tergolong mudah dipahami. Fitur-fitur yang disediakan antara lain Budget untuk mengatur anggaran belanja dalam setiap bulan, mengatur rekening yang digunakan, mencatat setiap transaksi baik pendapatan maupun pengeluaran sampai rekapitulasi bulanan dan tahunan.

Kategori-kategori yang telah disediakan dalam menu transaksi termasuk lengkap antara lain makan minum, pakaian, hiburan, serta kesehatan. Setiap transaksi sebaiknya segera dicatat agar tidak lupa. Nah, kelebihan dari ngaturduit.com Anda bisa mencatat setiap transaksi secara realtime di manapun sesegera mungkin. Misalnya Anda baru melakukan pembelian baju di mal, Anda bisa segera mencatat transaksi tersebut dengan mengakses ngaturduit.com versi mobile dan transaksi pun langsung tercatat di akun Anda.

Di sini juga tersedia menu Transaksi Terjadwal yang berisi transaksi rutin yang terjadi setiap bulan seperti gaji, utang, dan lainnya.Untuk mencatat utang-piutang, Anda bisa mengatur utang dengan tempo yang bisa kita atur sesuai kapan harus dibayar.

Anda bisa mengontrol pengeluaran di menu Budget. Di menu ini ada grafik dan informasi jumlah anggaran dan jumlah yang yang telah dikeluarkan dam setiap kategorinya.

MyFamily Accounting yang dikeluarkan oleh Metasoft Technologies (MT) merupakan sebuah software yang membantu mengelola keuangan keluarga. Dengan sistem pencatatan transaksi keuangan yang sederhana sehingga orang awam pun bisa paham soal akutansi. Minimal untuk mencatat pengeluaran pribadi/keluarga.

Software ini membantu pengguna dalam membuat anggaran pendapatan dan belanja bulanan berdasarkan rata-rata realisasi pendapatan dan belanja bulan-bulan sebelumnya. Sehingga pengguna dapat mengetahui sejauh mana kemajuannya dalam mengatur keuangan.

Satu kemudahan software ini bisa pengguna lihat pada Intelligence Posting System. Pengguna hanya perlu menjawab berbagai baris pertanyaan yang diajukan sesuai dengan transaksi keuangan yang dilakukan. Dengan begitu, secara tidak sadar pengguna telah melakukan posting Jurnal Umum, Buku Besar dan Sistem Double Entry secara otomatis. Dan secara periodik sistem ini akan melakukan penghitungan penyusutan (depresiasi) secara otomatis dan langsung dengan menyesuaikan kondisi aset keluarga Anda secara keseluruhan.

Dengan harga terjangkau, pembeli berhak menerima garansi seumur hidup yang hanya berlaku pada software MyFamily Accounting sebagai intangible asset .

Ahmad, Ester

2 komentar:

miftah mengatakan...

wah,saya termasuk orang yang menejemen keuangannya jelek, walaupun masih bergantung pada ORTU n gajih seadanya dari yayasan, tapi uang itu selalu LUDES, saya takut berdampak pada masa depan saya.... Bisa dicoba niii..

Cashpad - Asisten Keuangan mengatakan...

Agar mudah dalam mengelola keuangan, pakai saja aplikasi Cashpad - Asisten Keuangan. Dengan Cashpad kamu bisa memantau pemasukan dan pengeluaran, mencatat hutang, membuat anggaran, memonitor pengeluaran saat liburan dll. download cashpad di playstore. link : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cashpad.app

Benar Ternyata, Menulis itu butuh Konsistensi

Bagi sebagian orang mungkin menulis bukan hal yang penting. Bahkan boleh jadi, bukan sesuatu yang harus jadi prioritas. Bagi Aku, menulis it...